Bersaudara, tapi tak sama.

Friday, March 04, 2011

Seperti janji di blog sebelumnya..Banyak yang suka ketuker atau bingung, atau sama sekali ngga tau bedanya 'piano', 'organ', dan ' keyboard'. 

"Eh lo belajar piano dari umur berapa?" 
"Gw belajar organ, ga pernah belajar piano." 
"Organ yang mana?"
"Yang...(blah blah blah)" 
"Oh, keyboard yang mana?" "Bedanya apa?"
Entah mengapa, gw bingung juga knapa banyak yang ga tau, apa karena  gwnya aja mainin tiga-tiganya jadi gw tau yah? Kalo ditanya orang, pasti jelasinnya "Organ tuh yang ada 2 tingkat, trus ada injekannya. Piano yang ga pake listrik..yang sebaris doang. Keyboard itu..." blaaaaaaaaaaaaahhhh at least sebagai pemain inilah yang coba saya jelaskan pada orang awam, meskipun secara teori jg ngga tau apa, pokonya ibarat bahasa biologi, anatominya aja laen.
Anyway. Here it is.


1. Organ. Ini yang saya pelajarin dari unyil..Kalo mau liat alat ini, pergi ke gereja deh, pasti ada. But some people nyebut ini Electone. Nah, jadi..Electone itu adalah merek organ yang dikeluarin sama Yamaha. Tapi alat musiknya namanya organ. 
Organ, bukan Electone, karena merek Roland.


Organ, Electone.















Mau tau yang super heboh?
Pipe Organ
Organ ini gw pun ga tau sejarah, cara bikin atau maennya. Malah bentuknya segede rumah. Organ ini juga ga perlu listrik. Hebat ya orang jaman dulu. Sekarang di Jakarta ga nyampe 5 biji. Udah nyaris punah kaya macan sumatra. Tapi menurut info, sekarang pipe organ udah pake listrik, biar ga cape maininnya. Once again gw pun ga pernah mainin. Mungkin cape karena...mainnya abis keliling lapangan bola ya? #ganyambung

2. Piano. Buat permainan yang lebih klasik. Suara piano asli begini ngga bisa dikalahin dengan alat elektronik apapun.















Begini klo orang main piano









3. Keyboard







Ini enak karena lebih compact. bisa ditenteng...Plus bisa mengeluarkan bunyi dungcek dungcek. Alias iring2an band palsu. Orang di kelurahan bilang ini organ tunggal..

Gini nih organ tunggal..












NAH. Gampang kan bedainnya? They are totally different kan? Yang sama cuma mereka sama-sama alat musik dan ber-tuts.
Cara mainnya somehow berbeda. Tergantung kita mau mainin lagu kaya apa.
So, bagi yang masih belum tau, udah tau dong? Oh iya. Bagi yang mau mulai belajar, silahkan dipilih mau belajar yang mana. Ga ada kata terlambat. Semua orang suka bilang uda tua lah, uda telat lah. Sebenernya bedanya cuma 'kapan' kita mulai. Waktu SD juga mau marah marah waktu dikasih lagu Hansel & Gretel, dan anyhow dengan latian kita bisa. Makin gede orang makin pinter, harusnya lebih bisa dong? Jadi, selamat mencoba.

You Might Also Like

12 comments

  1. wuih keren banget nih...

    ReplyDelete
  2. ga keren kok Anto, biasa ajaa..thx anyway.

    ReplyDelete
  3. Gw dulu belajarnya organ juga... tapi gw nyebutnya Electone... soalnya gw tetep mikir, organ itu yang pake angin, yang kaya di gereja yang ada pipa2nya...ya kan?

    ReplyDelete
  4. ohh..ok yo.. gw tambahin info deh..sbntr ya.

    ReplyDelete
  5. Suka deh sama paragraf terakhir ^^

    ReplyDelete
  6. Sedang, doakan supaya cepat selesai, hehehe.. ^^
    G inget dl ada yg pernah blg gt ke g tp justru krna dy blg bgtu malah bikin g jd tambah semangat belajar..hohoho..thx to him ... =p
    Thx to you jg, jd saia semakin yakin..

    ReplyDelete
  7. Sippp... gw skarang ngerti... thanks for the info...

    btw, gw juga pake istilah dung cek dung cek!!!?! gw ga suka musik2 yang terlalu dung cek dung cek... wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
  8. your welcomee

    hukekek iye dungcek dungcek. gw jg bete bgt dengernya. mknya ga perna pake gitu2annya kecuali buat dangdutan di PSM. =p

    ReplyDelete
  9. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete

What's in your mind?

Instagram